SUPER JUNIOR

Gambar

Super Junior atau yang lebih dikenal dengan SJ/SuJu, merupakan sebuah grup musik R&B yang berasal dari Seoul, Korea Selatan. Fans Club resmi Super Junior bernama E.L.F yang merupakan singkatan dari Ever Lasting Friends. Anggotanya berjumlah 13 yaitu Leeteuk (Leader), Heechul, Kangin, Siwon, Yesung, Eunhyuk, Donghae, Ryewook, Kyuhyun, Sungmin, Shindong,  Kibum, Han gen.

PERJALANAN GRUP

  • PRA-DEBUT

Sejak akhir 1990-an, agen pencari bakat dan label rekaman SM Entertaiment telah mengadakan audisi tahunan untuk menemukan bakat-bakat baru untuk melengkapi keberhasilan kelompok pop H.O.T, S.E.S, dan Shinhwa, yang semua diciptakan oleh pendiri SM, Soo-Man Lee pada pertengahan 1990-an.

Gambar

Leeteuk dan Eunhyuk adalah dua nggota pertama yang direkrut pada tahun 2000 oleh SM’s Starlight Casting System di Seoul.

Pada tahun 2001, perusahaan pertama mereka di luar negeri mengadakan casting dan menemukan Han Geng di Beijing, terpilih diantara 3000 pendaftar. pada tahun yang sama Yesung ditemukan pada Seoul Casting System bersama temannya Heechul, Sungmin dan Donghae juga terpilih untuk menjadi trainee stelah penampilan mereka dalam sebuah kontes yang disponsori SM.

Tahun 2002 Kang Indirekrut bersamaan dengan Kibum yang ditemukan di Los Angeles. Siwon di casting pada tahun 2003 dan Ryewook pada tahun 2004, dimana yang terakhir ditemukan melalui Chinchin Youth Festival. Pada tahun 2005, Shindong dipilih.

Tidak lama stelah boyband TVXQ debut pada tahun 2003, berita tentang rencana Lee yang belum pernah terjadi sebelumnya yaitu membentuk boyband lain dengan cepat menyebar di Internet Pada awal 2005. Lee menkonfirmasi berita dan mengumumkan bahwa boyband yang terdiri dari 12 anggota akan melakukan debut di akhir tahun, memporomosikan kelompok bernyanyi ini untuk menjadi “The Gateway of Stardom Asia.” Lee mengumumkan bahwa sebagian besar anggota dalam kelompok ini dipilih karena merekan telah berpengalaman tampil sebagai aktor, MC, model dan host radio sebelum debut. Heechul dan Kibum telah berprofesi sebagai penghibur dan sebagian besar anggota lain membuat berbagai macam penampilan di televisi dan media. Karena terinspirasi oleh konsep grup cewek Morning Musume yang juga beranggotakan banyak. kelompok ini juga akan mengalami line-up, dengan angota – anggota baru yang menggantikan beberapa anggota lama yang dipilih setiap tahun untuk menjaga grup ini tetap muda dan memiliki berbagai talenta. Konsep ini kemudian baru diperkenalkan kepasaran K-POP.

Untuk sementara kelompok itu dikabarkan bernama O.V.E.R, singkatan dari “Obey the Voice for Each Rhythm” (Patuhilah Suara untu Tiap Irama). Namun sebelum nama ini diputuskan, SM hanya mereka sebagai Junior, yang berasal dari para anggota yang masih berusia mudah ketika pertamakali menjadi SM trainee. Setelah para anggota memamerkan bakat mereka yang beragam kepada perusahaan pada sebuah piknik, perusahaanpun memutuskan memakai nama  Super Junior.

Grup itu kemudian resmi menjadi Super Junior 05, generasi pertama dari Super Junior. Super Junior 05 membuat pra-debut mereka di saluran Korea M-net pada 11 September 2005. Pada acara itu, mereka melakukan berbagai gaya tarian hip-hop. Mereka menampilkan tarian B2K. Han Geng, Eunhyuk, dan Donghae juga melakukan tarian dari lagu Usher, Cought Up. Namun penampilan mereka tidak disiarkan di televisi, hingga akhirnya 16 Mei 2006 disiarkan pada sebuah segmen di acara Super Junior Show.

Tinggalkan komentar